Menggali Lebih Dalam: Pariwisata Bali dan Dampak Kesuksesannya

RedaksiBali.com – Bali, Pulau Dewata yang telah dikenal di seluruh dunia karena keindahan alamnya, bukanlah rahasia lagi. Namun, di balik pesonanya, terdapat sisi lain yang membuat beberapa turis asing merasa sedih ketika mengunjungi destinasi ini. Kesuksesan pariwisata Bali di mata dunia kini dipertanyakan, karena pulau ini dianggap sebagai korban dari kepopulerannya sendiri.

Menurut laporan dari Express UK pada Senin (19/2), beberapa turis yang berkunjung ke Bali mengungkapkan rasa kecewa mereka terhadap kondisi pulau ini. Seorang blogger perjalanan bahkan menyebut bahwa Bali telah menjadi korban dari kesuksesannya sendiri. Nick Kember, seorang pakar perjalanan dan blogger dari Taiwan, juga menyatakan bahwa Bali sepenuhnya dikuasai oleh turis.

Ia menjelaskan bahwa pesona Bali, terutama yang terpampang indah di media sosial seperti Instagram, telah menarik perhatian ribuan wisatawan yang mencari pengalaman liburan yang sempurna dengan latar belakang sawah hijau dan kuil Hindu yang megah. Namun, dampak dari lonjakan pariwisata ini terasa nyata, dengan infrastruktur yang kurang mendukung, masalah lingkungan, dan hilangnya tradisi budaya.

Menurut laporan yang sama, lebih dari 5 juta wisatawan asing membanjiri Bali pada tahun 2023, sementara populasi lokal hanya sekitar 4 juta jiwa. Nick menekankan bahwa meskipun ramai, masih ada beberapa area di Bali yang dapat memberikan pengalaman yang lebih autentik bagi wisatawan yang ingin menjauh dari keramaian.

baca juga ….

“Dalam keberuntungan, masih ada cara untuk merasakan Bali yang sesungguhnya jika Anda menghindari hotspot seperti Kuta, Seminyak, dan Ubud,” ujarnya.

Nick merekomendasikan wisatawan untuk menjelajahi bagian timur Bali, seperti Amed, Candidasa, dan Sidemen, di mana mereka dapat merasakan gaya hidup lokal yang sebenarnya dengan pantai yang sepi, desa-desa yang tenang, dan budaya lokal yang kental.

Dengan demikian, sementara kepopuleran Bali sebagai destinasi wisata internasional terus meningkat, penting bagi wisatawan untuk juga menghargai dan mendukung upaya untuk menjaga kelestarian alam dan budaya lokal yang menjadi daya tarik utama pulau ini.

Artikel ini mengajak pembaca untuk memahami lebih dalam tentang dampak kesuksesan pariwisata Bali terhadap pulau tersebut, serta memberikan panduan untuk menjelajahi sisi yang lebih autentik dari Bali.

Tag: , ,