Toko Komputer Online di Bali, Pricelist Harga , Jual Komputer, Laptop, Notebook, Printer, Modem, Motherboard, Speaker, VGA Card dan lainnya
www.balikomputer.co.id >> Menjual Komputer, Laptop, Notebook, Printer, Modem, Motherboard, VGA Card. Termurah dan Terlengkap di Bali

Membagi Hardisk dengan Windows 7


18 April 2012

Ini adalah merupakan salah satu kelebihan dari windows 7 ketimbang windows xp, yaitu bisa membuat partisi harddisk secara aman tanpa menggunakan software. Pada windows xp untuk mempartisi harddisk dilakukan dengan menggunakan software semacam Norton partition magic, ranish partition manager, Eazeus Partition Manager dan masih ada yang lainnya.

Mempartisi harddisk merupakan hal yang lebih baik dilakukan pada sebuah computer. Dengan adanya beberapa partisi harddisk, maka kita akan bisa mengatur letak atau lokasi drive untuk system, dan drive untuk penyimpanan data. Dengan demikian jika suata saat windows mengalami crash, atau rusak, dan perlu untuk diinstall ulang, maka data yang disimpan akan tetap terjamin keamanannya. Selain hal tersebut, dengan mempartisi harddisk kita akan lebih mudah dan lebih cepat untuk melakukan defragmentasi, daripada harddisk yang tanpa partisi akan lebih mamakan waktu yang cukup lama. Partisi ini bisa juga bermanfaat untuk mencegah atau meminimalisasi adanya bad sector pada harddisk. Oleh karenanya saya tetap menyarankan agar harddisk yang hanya terdapat 1 partisi, lebih baik di partisi menjadi beberapa partisi.

Bagi sahabat yang menggunakan windows 7, jika ingin mempartisi harddisk menjadi beberapa partisi tanpa menggunakan software, bisa diikuti langkah-langkah berikut ini :

    1. Klik kanan [computer] > pilih [manage]
    2. Pada jendela “computer management”, pilih [storage] kemudian pilih [disk management].

    1. Pada jendela sebelah kanan terlihat jumlah partisi yang telah ada. Kemuian klik kanan pada harddisk yang mau dipartisi. ( Kalau baru terdapat 1 partisi misal C: klik kanan pada partisi C:, kalau sudah ada beberapa partisi “seperti gambar dibawah” dan mau di partisi lagi maka klik kanan pada drive yang mau di partisi lagi ) kemudian pilih [Shrink Volume].

    1. Muncul “querying shrink space” dan tunggu sebentar.
    2. Muncul jendela shrink. Disini shobat diminta untuk menentukan volume partisi yang mau dibuat. Isikan saja berapa volume sesuai dengan yang shobat rencanakan. Setelah itu klik [Shrink].

    1. Maka akan muncullah partisi baru yang masih belum terformat atau free space ( lihat partisi dengan gambar hijau ). Sampai disini partisi baru masih belum bisa digunakan.

    1. Untuk memformat partisi agar bisa digunakan, klik kanan pada “free space” tadi kemudian pilih [new simple volume].

    1. Muncul [New simple volume wizard] > klik [next].
    2. Muncul jendela [specify volume size] > klik [next] lagi
    3. Muncul jendela [assign drive letter or path] > klik [next] lagi.
    4. Muncul jendela [format partition]. Pada file system pilih saja NTFS, kemudian pada volume label > isikan “nama label drive partisi anda”, kemudian klik [next].

  1. muncul jendela [completing the new simple volume wizard]. Sebelum klik finish lihat dulu informasi yang tertera. Kalau belum sesuai dengan keinginan shobat, klik [back], kalau sudah sesuai silahkan klik [finish]
  2. Maka partisi harddisk telah selesai dan siap untuk dipergunakan.

Untuk mengecek partisi yang baru, cobalah buka windows explorer. Bila prosesnya telah benar maka akan muncul partisi baru sesuai dengan label yang telah shobat buat tadi.

Bagaimana, mudah bukan ??!! Ternyata fitur-fitur yang ada pada windows 7 lebih memudahkan kita dalam mengatur konfigurasi dikomputer.
Semoga artikel ini bisa membantu sahabat semua



Baca juga
  » 15 Agustus 2014
Film Mahabharata Episode 264 - Ashwathama bersumpah untuk membunuh bayi yang belum lahir Uttara
Dalam episode 264 Film Mahabharata ini, Ashwathama bersumpah untuk membunuh bayi yang belum lahir dari Uttara Ashwathama mengatakan kepada Duryodhana bahwa ia telah membunuh Pandawa. Dia tidak tahu yang dibunuh adalah anak - anak Pandawa. Mendengar itu Duryodhana meninggal akibat luka - lukanya.

  » 15 Agustus 2014
Film Mahabharata Episode 263 - Ashwathama membunuh anak - anak Pandawa dan Dhrishtadyumna
Dalam Film Mahabharata episode 263, Ashwathama membunuh anak - anak Pandawa dan Dhrishtadyumna Gandhari menyalahkan Dropadi untuk hasil yang mengerikan pada perang Bhatarayudha ini. Di lain sisi Ashwathama bertemu Duryodhana. Duryodhana meminta Ashwathama untuk membunuh Pandawa. Putra - putra Pandawa memutuskan untuk menghabiskan malam, di kamp. Begitu juga Dropadi memutuskan untuk tinggal bersama anak-anaknya.

  » 13 Agustus 2014
OOT : Film Mahabharata episode 262 - Bima melumpuhkan Duryodhana
Dalam Film Mahabharata episode 262 ini, Bima melumpuhkan Duryodhana Dropadi memberitahukan kepada Pandawa bahwa kejahatan Duryodhana adalah kelemahannya. Arjuna lalu mengingatkan Bima disaat perjudian itu Duryodhana memerintahkan Dropadi untuk duduk di pahanya. Bima akhirnya menyadari bahwa paha Duryodhana adalah kelemahan, dan menyerang pahanya dengan Gada.

  » 18 Mei 2012
Program PDF Creator merubah file ke PDF
Ada lagi software gratis untuk membuat dokumen dalam bentuk pdf. Software ini sangat mudah digunakan. Setelah penulis coba, bisa membuat pdf dengan file sumber document word, excel, txt, rtf, html, dan lain-lain. Artikel ini juga ditulis sebagai alternative dari artikel sebelumnya. Software ini bisa digunakan untuk semua versi Microsoft Office.

  » 12 Mei 2012
Get Back Data mengembalikan Data yang Hilang, Terhapus dan Terformat
Data adalah salah satu dari harta kita yang sangat berharga. Saat sekarang ini data biasanya akan disimpan dalam bentuk file didalam sebuah computer. Data tersebut tetap akan diperlukan dan bahkan saling berhubungan antara data yang satu dengan data yang lainnya. Termasuk juga data tentang gambar, foto, lagu dan film, semua itu akan dikeluarkan atau ditampilkan lagi saat diperlukan.

  » 28 April 2012
Cara Mudah membuat Bootable Windows di USB Flash Disk
Sebelum mungkin masih ada yang belum mengerti “Kenapa harus membuat CD ROM di Flash Disk dan Apa fungsingnya”? Jelas saja, langkah ini akan membuat Flash Disk Anda dengan mudah menjadi Bootable Windows

  » 26 April 2012
Cara Merawat LCD Notebook agar Awet dan Tahan Lama
LCD Laptop adalah salah satu komponen laptop yang cukup mahal harganya apabila terjadi penggantian akibat rusak. Rusaknya LCD laptop ini memang disebabkan oleh banyak faktor, bisa karena faktor bawaan dari pabrik ataupun faktor manusia yang menggunakannya yaitu di perlakuan dan cara merawat LCD laptopitu sendiri.

  » 23 April 2012
Lampu Printer yang berkedip
Mengetahui fungsi dan kesalahan pada lampu printer

  » 7 April 2012
Graphic Card untuk Profesional
Quadro dan FirePro graphics board memang berbeda dengan desktop GPU termasuk didalamnya frame buffer size (hingga 4GB), driver support (NVIDIA dan AMD lebih memperhatikan akan adanya software release baru dan menyesuaikan GPU ini, bahkan sampai untuk application-specific driver), Fitur didalamnya tentu saja sudah terintegrasi pemrosesan 3D yang lebih canggih.

  » 5 April 2012
Hardisk Rusak? Ada cara memperbaikinya
Salah satu penyebab dari komputer sering hang, komputer restart sendiri dan terjadinya tampilan bluescreen adalah terdapatnya masalah / kerusakan pada hardisk komputer. Kerusakan pada hardisk ini diantaranya disebabkan karena sering dimatikannya komputer tanpa perintah shutdown dan karena gangguan pada aliran listrik seperti matinya listrik secara tiba-tiba atau terjadinya lonjakan pada tegangan listrik seperti yang biasa terjadi ketika adanya petir saat hujan.